3 Langkah Dasar untuk Memulai Affiliate Marketing bagi Pemula (Newbie)

Affiliate marketing adalah posisi di antara penjual barang/jasa dengan pembeli, di mana affiliate mendapatkan komisi dengan menghasilkan penjualan, leads dan/atau klik bagi pemilik barang atau jasa.

Affiliate marketing bekerja pada situasi win-win bagi penjual barang/jasa dengan konsumen. Penjual mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan kesempatan untuk iklan produk/jasa secara gratis ke pasar yang lebih luas yang akan meningkatkan angka penjualan. Semakin giat tim affiliate yang bekerja, semakin besar penjualan yang bisa diharapkan.

Dengan menggunakan tim affiliate yang memasarkan barang atau jasanya, penjual barang/jasa bisa menghemat uang, tenaga, dan uang untuk mencari pasar dan konsumen. Penjual hanya membayarkan komisi kepada affiliate yang menghasilkan sales (penjualan)

Jika Anda ingin menjadi affiliate marketer dan menghasilkan uang dari Internet, Anda bisa mengikuti TIGA langkah dasar untuk memulai kampaye affiliate marketing yang effektif berikut ini:

Langkah 1: Tentukan niche tertentu yang Anda minati.

Hal ini sangat penting agar Anda tidak bosan atau terpaksa untuk membangun kampanye produk atau jasa yang Anda pasarkan. Fokus pada yang Anda ketahui atau minati. Jika dirasa kurang pengetahuan atau skill, jangan malas untuk terus belajar.

Langkah 2: Cari merchant yang bayaran bagus dan produk yang nilai konversinya tinggi.

Buatlah daftar program affiliate yang bayaran bagus dan nilai konversinya tinggi sesuai dengan niche. Dalam memilih produk, Anda harus memperhatikan support yang mechant berikan, materi pemasaran yang bisa Anda gunakan, meliputi banner, lead magnet, email follow-up, dll.

Pilihlah merchant yang menyediakan semua materi tersebut, berkualitas tinggi, dan terbukti konversinya tinggi. Hal ini sangat menghemat waktu, tenaga, dan uang dibandingkan jika Anda membuat semuanya sendiri.

Anda bisa fokus pada bisnis, bukan pada hal teknis.

Jadi bijaklah dalam memilih merchant yang Anda promisikan.

Langkah 3: Datangkan traffik

Setelah menentukan produk/jasa dan merchant yang Anda promosikan, kini tugas Anda adalah mendatangkan sebanyak mungkin trafik ke halaman penawaran Anda. Ini adalah bagian “susah”-nya.

Memang tugas mendapatkan trafik tidaklah mudah namun juga bukan hal yang mustahil. Anda harus terus banyak menambah pengetahuan dengan membaca buku, ikut pelatihan tentang teknik-teknik mendatangkan trafik.

Ingat, tidak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan. Anda perlu ketekunan, kesabaran, dan kerja keras untuk benar-benar bisa sukses menjadi affiliate marketer. Anda juga perlu kreatif dan fleksibel.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*