Active Vs Passive Income: Apakah Kita Bekerja pada Sumber Penghasilan yang Salah?

Mungkin kita sudah mengetahui perbedaan antara active dan passive income. Namun sepertinya kita tidak benar-benar menyadari implikasi dari perbedaan tersebut. Sebagai catatan penting, tidak ada yang salah di atara kedua pendapatan tersebut. Akan tetapi jika kita ingin memaksimalkan kehidupan kita, kita perlu mengerti betul bagaimana perbedaan mendasar di antara active dan passive income.

Definisi Active dan Passive Income

Active Income: pendapatan yang diperoleh dengan melakukan usaha. Pendapatan ini hanya akan diterima jika kita telah melakukan usaha. Kita perlu menukar waktu, tenaga, atau pikiran untuk memperoleh pendapatan jenis ini. Kita bisa mendapatan pendapatan aktif dengan cara bekerja, baik sebagai karyawan maupun usaha mandiri.

Passive Income: Pendapatan yang bisa diperoleh dengan atau tanpa harus melakukan usaha. Kita masih bisa memperoleh pendapatan pasif baik dengan maupun tanpa adanya usaha. Contohnya adalah hasil penyewaan properti, pembagian keuntungan dari suatu kerja sama bisnis, dll. Pendapatan pasif juga bisa diterima dari usaha yang hanya sekali namun pendapatan yang bisa kita peroleh dapat secara berulang-ulang tanpa kita harus melakukan usaha tersebut kembali.

Sumber Pendapatan Versus Tujuan

Mengapa hal ini menjadi soal antara pasif dan aktif jika keduanya merupakan pendapatan?

Jawabnya adalah: tentu menjadi soal. Ini menjadi hal yang penting karena untuk mencapai tujuan kita tergantung sejauh mana pengertian kita secara jelas dan benar. Apa yang menjadi alasan umum terbanyak bagi investor untuk berinvestasi di bidang properti dan mengapa mereka masuk ke usaha investasi? Kebebasan Finansial. Bagi siapapun yang bertujuan ingin memiliki kebebasan finansial sangan dapat menggunakan properti sebagai kendaraan dan tidak harus bekerja untuk pendapatan mereka.

Apa itu kebebasan finansial? Kebebasan finansial artinya kita tidak harus bekerja untuk menerima pendapatan. Kita punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang kita sukai tanpa harus memikirkan masalah keuangan. Bahkan jika kita masih melakukan usaha, kita lebih fokus pada melakukan apa yang kita sukai dan manfaat apa yang bisa kita berikan pada orang lain, tanpa memikirkan berapa gaji atau uang yang bisa kita dapatkan dari usaha tersebut.

Bekerja Lebih Cerdas, Bukan Lebih Keras

Perbedaan yang signifikan antara pendapatan aktif dan pasif adalah: Usaha

Kita telah mengetahui apa itu pendapatan pasif. Ini adalah pendapatan yang kita tidak harus aktif bekerja untuk memperolehnya. Pendapatan pasif tidak peduli seberapa keras kita bekerja. Ini mengalir seperti sungai menuju lautan. Saat ini, kita harus bekerja keras untuk membangun aliran pendapatan pasif pada awalnya, namun setelah aliran ini bekerja, ini akan terus mengalir dengan sendirinya. Pada dasarnya, kita bekerja sekali dan memiliki potensi untuk mengalirkan pendapatan sepanjang hidup kita.

Hal ini sangat berbeda dengan pendapatan aktif.

Pendapatan aktif sangatlah luar biasa. Ini menyediakan uang yang bisa kita ubah menjadi aliran uang. Namun kita perlu bekerja untuk menghasilkannya. Jika kita berhenti bekerja, maka pendapatan aktif juga akan berhenti.

Mengapa Pendapatan Pasif Lebih Berarti Daripada Pendapatan Aktif

Kita sudah singgung mengenai kebebasan finansial. Saat kita berbicara mengenai kebebasan finansial, kita sering menekankan pentingnya pendapatan pasif. Pendapatan pasif dapat kita peroleh tanpa usaha. Bagaimanapun juga, hal ini tentu saja berarti lebih dibandingkan pendapatan aktif.

Kita sudah mengerti perbedaan antara active dan passive income, pendapatan jenis mana yang Anda harapkan?